Get Gifs at CodemySpace.com

Jumat, 06 Januari 2012

MOTIVASI BELAJAR

Motivasi belajar setiap orang, satu dengan yang lainnya, bisa jadi tidak sama.
Biasanya, hal itu bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan.
Misalnya, seorang anak mau belajar dan mengejar rangking pertama karena diimingimingi
akan dibelikan sepeda oleh orangtuanya. Contoh lainnya, seorang mahasiswa
mempunyai motivasi belajar yang tinggi agar lulus dengan predikat /cum laude/. Setelah
itu, dia bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang hebat dengan tujuan
membahagiakan orangtuanya. Apa saja, sih, faktor-faktor yang membedakan motivasi
belajar seseorang dengan yang lainnya? Beberapa faktor di bawah ini sedikit banyak
memberikan penjelasan mengapa terjadi perbedaaan motivasi belajar pada diri masingmasing
orang, di antaranya:
1. Perbedaan fisiologis (physiological needs), seperti rasa lapar, haus, dan hasrat seksual .
2. Perbedaan rasa aman (safetyneeds), baik secara mental, fisik, dan intelektual.
3. Perbedaan kasih sayang atau afeksi (love needs) yang diterimanya
4. Perbedaan harga diri (selfesteemneeds). Contohnya prestisememiliki mobil atau rumah
mewah, jabatan, dan lain-lain.
5. Perbedaan aktualisasi diri(self actualization), tersedianya kesempatan bagi seseorang
untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi
kemampuan nyata.
Stimulus motivasi belajar Terdapat 2 faktor yang membuat seseorang dapat
termotivasi untuk belajar, yaitu:
1. Pertama, motivasi belajar berasal dari faktor internal. Motivasi ini terbentuk
karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk
mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.
2. Kedua,motivasi belajar dari faktor eksternal, yaitu dapatberupa rangsangan dari
orang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat memengaruhi psikologis orang
yang bersangkutan. Tips-tips meningkatkan motivasi belajar Motivasi belajar
tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita,
atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya.
Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun
juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi. Yuk, ikuti tips-tips
berikut untuk meningkatkan motivasi belajar kita.
  1. Bergaullahdenganorang-orangyang senang belajar.Bergaul denganorang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar. Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah presrasi. Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi.
  2. Belajar apapun, Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain-lainnya.Belajar dari internet, Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri. Sebagai contoh, jika ingin termotivasi untuk belajar bahasa Inggris, kita bisa masuk ke milis Free-English-Course@yahoogroups.com. 
  3. Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif. Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.
  4. Cari motivator. Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.

BIMBINGAN DISEKOLAH DASAR PATR II

  I. HAKEKAT BIMBINGAN DI SD
1. MAKNA DAN PRINSIP UMUM BIMBINGAN
2. KEDUDUKAN DAN PERMASALAHAN BIMBINGAN DI SD
3. HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN KURIKULUM
4. PENDEKATAN PERKEMBANGAN DALAM BIMBINGAN
II.TEKNIK-TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN MURID
1. TEKNIK TES
2. TEKNIK NON TES
III.BIMBINGAN BELAJAR   (kelompok 1)
  1. DIFINISI BELAJAR
  2. BIMBINGAN BELAJAR
  3. JENIS-JENIS MASALAH BELAJAR
  4. MENGIDENTIFIKASI MURID YANG DIPERKIRAKAN MENGALAMI MASALAH BELAJAR
  5. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA MASALAH BELAJAR MURID SD
  6. UPAYA MEMBANTU MURID DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR
IV. BIMBINGAN BAGI MURID TUNA CAKAP BELAJAR   (kelompok 2)
  1. PENGERTIAN DAN JENIS TUNA CAKAP BELAJAR
  2. JENIS-JENIS TUNA CAKAP BELAJAR
  3. KARAKTERISTIK MURID TUNA CAKAP BELAJAR
  4. IDENTIFIKASI KETUNACAKAPAN BELAJAR
  5. FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN KETUNACAKAPAN BELAJAR
  6. TEKNIK MEMBANTU MURID TUNA CAKAP BELAJAR DAN PENCEGAHANNYA
V. BIMBINGAN BAGI MURID CERDAS  DAN BERBAKAT    (kelompok  3)
  1. DASAR FORMAL DAN EMPIRIK PELAKSANAAN BIMBINGAN BAGI   MURID CERDAS DAN BERBAKAT DI SD
  2. PENGERTIAN MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  3. KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK MURID CERDAS DAN    BERBAKAT
  4. IDENTIFIKASI MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  5. PENYELANGGARAAN PENDIDIKAN BAGI MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  6. TEKNIK BIMBINGAN BAGI  MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  7. PENYELENGGARAAN KELAS UNGGULAN SEBAGAI MODEL BIMBINGAN BAGI MURID CERDAS DAN BERBAKAT

VI. BIMBINGAN BAGI MURID BERKELAINAN     (kelompok  4)
  1. PENGERTIAN MURID BERKELAINAN
  2. HAK DAN KEBUTUHAN MURID BERKELAINAN
  3. JENIS-JENIS MURID BERKELAINAN
  4. KARAKTERISTIK SETIAP JENIS MURID BERKELAINAN
  5. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MURID BERKELAINAN
  6. ALTERNATIF BANTUAN SERTA BIMBINGAN KHUSUS YANG DIBERIKAN BAGI MURID BERKELAINAN
VII. BIMBINGAN BAGI ANAK BERPERILAKU BERMASALAH (kelompok  5)
  1. PENGERTIAN DAN JENIS PERILAKU BERMASALAH
  2. BENTUK-BENTUK PERILAKU BERMASALAH
  3. MASALAH-MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MURID SD
  4. TEKNIK MEMBANTU MURID BERMASALAH
VIII. BIMBINGAN BAGI PERKEMBANGAN WAWASAN KARIR MURID(kl 6)
  1. SELINTAS PERKEMBANGAN BIMBINGAN KARIR
  2. PENGERTIAN BIMBINGAN KARIR
  3. PENTINGNYA  BIMBINGAN KARIR
  4. TUJUAN BIMBINGAN KARIR DI SD
  5. TAHAPAN DAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN KARIR MURID SD
  6. TEKNIK BIMBINGAN KARIR BAGI MURID SD
  7. MATERI  BIMBINGAN KARIR  DI SD

IX. MANAJEMEN  DAN PENDUKUNG SITEM BIMBINGAN DI SD  (klp  7)
  1. STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN DI SD
  2. PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN
  3. KETERPADUAN PROGRAM BIMBINGAN DALAM KBM
  4. ORGANISASI DAN ADMINISTRASI BIMBINGAN DI SD
HAKEKAT BIMBINGAN DI SEKOLAH DASAR
DEFINISI :
BIMBINGAN ADALAH PROSES MEMBANTU INDIVIDU UNTUK MENCAPAI PERKEMBANGAN OPTIMAL
BIMBINGAN ADALAH SUATU PROSES (MERUPAKAN KEGIATAN YANG BERKELANJUTAN,BERLANGSUNG TERUS MENERUS DAN BUKAN SEKETIKA ATAU KEBETULAN).
BIMBINGAN ADALAH BANTUAN (MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF BAGI PERKEMBANGAN SISWA, MEMBERIKAN DORONGAN DAN SEMANGAT, MENUMBUHKAN KEBERANIAN BERTINDAK DAN BERTANGGUNG JAWAB, MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN UNTUK MEMPERBAIKI DAN MENGUBAH PERILAKUNYA SENDIRI).
BANTUAN DIBERIKAN KEPADA INDIVIDU (INDIVIDU YANG SEDANG BERKEMBANG DENGAN SEGALA KEUNIKANNYA).
TUJUAN BIMBINGAN ADALAH PERKEMBANGAN OPTIMAL (PERKEMBANGAN YANG SESUAI DENGAN POTENSI DAN SISTEM NILAI TENTANG KEHIDUPAN YANG BAIK DAN BENAR).
PRINSIP-PRINSIP UMUM BIMBINGAN
  • BIMBINGAN DIBERIKAN KEPADA INDIVIDU YANG SEDANG BERADA DALAM PROSES.
  • BIMBINGAN DIPERUNTUKAN BAGI SEMUA SISWA
  • BIMBINGAN DILAKSANAKAN DENGAN MEMPERDULIKAN SEMUA SEGI PERKEMBANGAN SISWA
  • BIMBINGAN BERDASAR PADA PENGAKUAN ATAS KEMAMPUAN INDIVIDU UNTUK MENENTUKAN PILIHAN
  • BIMBINGAN ADALAH BAGIAN TERPADU DARI PROSES PENDIDIKAN
  • BIMBINGAN DIMAKSUDKAN UNTUK MEMBANTU SISWA MEREALISASIKAN DIRINYA
KEDUDUKAN DAN PERMASALAHAN BIMBINGAN DI SEKOLAH DASAR
PP   No. 2/1989, PASAL 25 :
  • BIMBINGAN MERUPAKAN BANTUAN YANG DIBERIKAN KEPADA SISWA DALAM RANGKA UPAYA MENEMUKAN PRIBADI, MENGENAL LINGKUNGAN DAN MERENCANAKAN MASA DEPAN
  • BIMBINGAN DIBERIKAN OLEH GURU PEMBIMBING
MASALAH-MASALAH PERKEMBANGAN SISWA SD MENYANGKUT ASPEK:
  • PERKEMBANGAN FISIK
  • PERKEMBANGAN KOGNITIF
  • PERKEMBANGAN PRIBADI
  • PERKEMBANGAN SOSIAL
TARGET LAYANAN BIMBINGAN :
  • SISWA DENGAN KECERDASAN DAN KEMAMPUAN TINGGI
  • SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR
  • SISWA DENGAN PERILAKU BERMASALAH
HUBUNGAN BIMBINGAN DENGAN KURIKULUM :
  • BIMBINGAN MERUPAKAN PIRANTI (INSTRUMEN) UNTUK MEMAHAMI RENTANG KECAKAPAN, PRESTAS, MINAT, KEKUATAN, KELEMAHAN, MASALAH DAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SISWA SEBAGAI SEGI-SEGI ESENSIAL YANG MENDASAR PERENCANAAN KEGIATAN KURIKULER
  • BIMBINGAN MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI DAN MEMASUKI KEGIATAN  BELAJAR YANG DISEDIAKAN DALAM PENGALAMAN KURIKULER
PERENCANAAN KURIKULER SEKOLAH AKAN MERUPAKAN WAHANA YANG KONDUSIF BAGI LAYANAN BIMBINGAN APABILA MEMPERHATIKAN HAL-HAL BERIKUT :
  • RANCANGAN KEGIATAN KURIKULER MENCAKUP PENGALAMAN BELAJAR YANG DAPAT MENGEMBANGKAN ASPEK RASA DAN KEHENDAK (MOTIVASI)
  • RANCANGAN KEGIATAN KURIKULER MENYEDIAKAN PENGALAMAN BAGI SISWA UNTUK MELAKSANAKAN EKSPLORASI DIRI, YAKNI BELAJAR MEMAHAMI KEADAAN DIRI SECARA REALISTIK DAN BELAJAR MERUMUSKAN SERTA MENGUJI HARAPAN DIRINYA.
  • RANCANGAN KEGIATAN KURIKULER MENYEDIAKAN PENGALAMAN BAGI SISWA YANG BERKENAAN DENGAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN YANG DIPERLUKAN DALAM PERENCANAAN KARIR DAN PENDIDIKAN

PENDEKATAN BIMBINGAN, MYRICK DALAM MURO & KOTTMAN, 1995 :
  • PENDEKATAN KRISIS
  • PENDEKATAN REMEDIAL
  • PENDEKATAN PREVENTIF
  • PENDEKATAN PERKEMBANGAN